Komandan Kelompok Bersenjata di Yahukimo Ditangkap, Diduga Terlibat Serangkaian Pembunuhan

Demianus Magayang diduga terlibat serangkaian pembunuhan selama 2020 hingga 2021.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 01 Des 2021 10:36 WIB

Demianus Magayang ditangkap aparat gabungan

Ilustrasi anggota Polsek Bokondini, Papua, melakukan patroli jalan kaki ke permukiman warga untuk wujudkan kamtibmas, Selasa, (30/11). Foto: humas.polri.go.id

KBR, Jayapura- Tim gabungan yang terdiri dari Polres Yahukimo, Satgas Nemangkawi, dan Brimob menangkap komandan operasi kelompok bersenjata wilayah Yahukimo, Papua, Demianus Magayang pada 27 November 2021.

Kapolres Yahukimo, Deni Herdiana mengatakan saat ditangkap, Demianus Magayang membawa sepucuk senjata api rakitan laras pendek beserta delapan butir amunisi, dan beberapa barang bukti lain. Demianus Magayang diduga terlibat serangkaian pembunuhan di wilayah Yahukimo, selama 2020 hingga 2021.

"Tim melakukan penangkapan di seputaran PT Indo Papua, yang bersangkutan melarikan diri, tim melakukan penembakan, melumpuhkan dua kali tembakan mengenai di betis belakang dengan mata kaki. Tim Namengkawi, Polres Yahukimo beserta BKO Brimob melaksanakan proses pengamanan evakuasi ke Jayapura karena yang bersangkutan langsung akan ditangani oleh Rumah Sakit Bhayangkara, Polda Papua," kata Deni Herdiana, Rabu (1/12/2021).

Baca juga:

Deni Herdiana menjelaskan, ada sekira 12 kasus kekerasan di Yahukimo yang diduga melibatkan Demianus Magayang. Kasus itu di antaranya, pembunuhan terhadap staf KPU Yahukimo Hendrik Jovinski, dan pembunuhan terhadap tukang ojek.

Demianus Magayang juga terlibat pembunuhan terhadap karyawan PT Indo Papua, dan pembunuhan terhadap dua prajurit TNI dari Yonif Linud 432 Kostrad, disertai perampasan senjata api milik korban.

Kata dia, Demianus Magayang telah evakuasi ke Jayapura pada Minggu, 28 November 2021. Sebelum diproses hukum, ia terlebih dahulu akan mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua, terkait luka tembak yang dialaminya.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Membuat Minyak Goreng di Satu Harga