BERITA

Gempa Bermagnitudo 5,3 Guncang Jember

Gempa Bermagnitudo 5,3 Guncang Jember

KBR, Banyuwangi- Gempa bermagnitudo 5,3 menguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur, sekitar pukul 12.46 WIB, Senin (13/12/2021).

"Lokasi gempa tepatnya di 9,81 Lintang Selatan, 113,67 Bujur Timur, dengan pusat gempa di laut, sekitar 179 kilometer di tenggara Jember, dengan kedalaman 10 kilometer," kata Prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Yustotok Widiarto, Senin (13/12/2021).

Selain Jember dan sekitarnya, gempa juga dirasakan di Pacitan, Trenggalek, Lumajang, Kuta Utara, Denpasar, hingga Karang Asem, di Provinsi Bali.

Yustotok mengungkapkan, gempa bermagnitudo 5,3 ini tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat dihimbau untuk tidak panik namun tetap waspada. Masih berpotensi terjadinya gempa susulan," jelasnya.

Berita lainnya:

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Jember, Heru Widagdo mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk ke BPBD Jember, gempa bermagnitudo 5,3 ini dirasakan hampir di seluruh kecamatan di kabupaten itu.

"Meski demikian hingga saat ini masih belum ada laporan adanya kerusakan maupun korban jiwa," katanya.

Heru menambahkan, BPBD Jember terus melakukan pembaruan dan pemantauan data terkait dampak gempa.

"Masyarakat kita imbau juga tidak panik dan tetap waspada mengantisipasi kemungkianan adanya gempa susulan," pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • gempa
  • jember
  • jawa timur
  • Bali
  • BMKG

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!