2 Sopir Truk Asal Jember Hilang saat Erupsi Gunung Semeru.

Kendaraan keduanya sudah ditemukan, namun orangnya belum.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 07 Des 2021 12:47 WIB

Evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru.

KBR, Jember- Dua sopir truk hilang saat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, 4 Desember 2021. Hal itu disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo, dua orang tersebut bernama Guntur Handoko dan Bagong. Handoko ialah warga Desa Sarimulyo, Jember. Pria itu dilaporkan menghilang oleh keluarganya setelah ada erupsi. Sedangkan Bagong, adalah warga Desa Jombang, Jember.

Kata dia, saat Gunung Semeru erupsi kedua sopir itu sedang mengangkut pasir di daerah sungai Desa Sumberwuluh, Lumajang. Kendaraan keduanya sudah ditemukan, namun orangnya belum.

"Kita kan membantu kita juga gabung dengan teman-teman SAR di sana, bukan hanya khusus warga Jember, tapi secara keseluruhan kita terlibat dalam pencarian. Ketika menemukan data-data tersebut maka kita bisa merespons cepat. Semua laporan itu tetap saya himpun sebagai bentuk kita dalam memperhatikan warga- warga yang ada di sana dari Jember," ujar Heru Widagdo, Senin (6/12/2021).

Baca juga:

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo menambahkan, petugas BPBD Jember turut membantu proses pencarian dua warga tersebut. Sebanyak 10 petugas BPBD Jember dikerahkan melakukan pencarian korban erupsi Gunung Semeru.

Bedasarkan data dari Pos Komando (Psoko) Tanggap Darurat Bencana Semeru, korban meninggal bertambah menjadi 22 orang. Jumlah korban jiwa tersebut berdasarkan data per hari Senin (6/12/2021). Selain itu, jumlah warga yang masih dinyatakan hilang mencapai 27 orang. Sedangkan warga terdampak sekira lebih dari 5.200 jiwa.

Saat ini ada sejumlah 2.004 pengungsi yang tersebar di 19 titik pengungsian. Pengungsi paling banyak terdapat di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.


Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip