Share This

Pemprov NTB: Dana Stimulan Korban Gempa NTB Tuntas Dibagikan Februari 2019

karena membangun rumah tak seperti membalik telapak tangan, jadi Insya Allah janji pemerintah sampai akhir Februari cair semuanya

BERITA , NUSANTARA

Rabu, 05 Des 2018 19:45 WIB

Author

Zainudin Syafari

Pemprov NTB: Dana Stimulan Korban Gempa NTB Tuntas Dibagikan Februari 2019

Sejumlah warga terdampak bencana membongkar rumah yang rusak akibat gempa. (Foto: Antara/Basri Marzuki)

KBR, Mataram- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjanjikan pemberian dana stimulan untuk korban gempa di Nusa Tenggara Barat tuntas paling lambat akhir Februari 2019.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah mengatakan dari hasil verifikasi jumlah rumah rusak akibat gempa bumi lebih dari 216 ribu rumah.

Ia optimistis pembentukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) pada Desember ini akan meningkat jumlahnya dibanding bulan-bulan sebelumnya. Pembentukan Pokmas merupakan salah satu syarat pencairan dana stimulan tersebut.

Saat ini, telah terbentuk sebanyak 1.149 Pokmas dengan total 13.830 kepala keluarga.

Selain Pokmas, pemerintah sedang merekrut fasilitator untuk mempercepat pembangunan rumah.

“Ya, semua bantuan itu cair, Februari akhir. Tapi bukan rumah rumah jadi lho ya, karena membangun rumah tak seperti membalik telapak tangan," kata Sitti Rohmi Djalillah di Mataram, Rabu (5/12/2018). 

Wagub NTB Sitti Rohmi mengakui, proses pembangunan rumah di masa rehabilitasi rekonstruksi ini lamban.

"Insyaallah janji pemerintah sampai akhir Februari cair semuanya. Kita genjot, Desember ini akan ada peningkatan yang signifikan karena sekarang sedang direkrut fasilitatornya,” kata Sitti.

Baca: Rekonstruksi Rumah Pascagempa NTB Kemungkinan Molor dari Target
 
Pemerintah Provinsi NTB juga akan mengevaluasi efektifitas keberadaan fasilitator dalam mendampingi proses pembangunan hunian tetap.

Baca juga: Rumah Tak Layak Huni di NTB Capai 243 Ribu Unit

Sitti Rohmi mengakui keterbatasan jumlah fasilitator menjadi tantangan, sementara bantuan yang diberikan pemerintah itu tersebar di tujuh kabupaten dan kota di NTB. 

Pemerintah pusat akan memberikan dana perbaikan rumah untuk korban gempa di NTB dengan jumlah bervariasi. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapat dana sebesar Rp50 juta, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan.

Editor: Kurniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.