BERITA

Pemilu 2019, 700 Orang Rimba Menggunakan Hak Suaranya di TPS Terdekat

Pemilu 2019, 700 Orang Rimba Menggunakan Hak  Suaranya di TPS Terdekat

KBR, Jambi- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun, Jambi belum bisa memastikan tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk Orang Rimba. Anggota KPU Sarolangun, Ibrahim mengatakan saat pemungutan suara bulan April 2019 mendatang, Orang Rimba yang masuk dalam daftar pilih akan digabung dengan TPS di desa terdekat.

“Kenapa tidak dipisah, itu nanti kita kendala di petugas. Ada petugas KPPS itu, kelompok penyelenggara pemilu itu nanti sulit kita mencari kalau seandainya dikhususkan. Tapi kita tidak tahu nanti 5 bulan yang akan datang. Kalau harus nanti ada perlakuan khusus. Suku Anak Dalam (SAD) ini harus ada KPPS khusus, kita tunggu saja aturan-aturan berikutnya," ujar Anggota KPU Sarolangun, Ibrahim, Senin (10/12/18).


Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun menyebutkan ada 731 Orang Rimba yang terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 2019. Orang Rimba tersebut tersebar di Kecamatan Air Hitam, Batin VIII  dan Cermin Nan Gedang.


Anggota KPU Sarolangun, Ibrahim mengungkapkan, sosialisasi kepada kelompok-kelompok Orang Rimba akan diintensifkan pada tahun 2019. Pasalnya masih banyak Orang Rimba yang tidak bisa membaca dan banyaknya surat suara yang harus dicoblos.




Editor: Rony Sitanggang


  

  • orang rimba
  • Pemilu 2019
  • daerah rawan Pemilu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!