covid-19

Tak Ada Lumbung Padi, Petani Rejang Lebong Pilih Hutang Beras

Petani bayar hutang saat panen tiba

BERITA | NUSANTARA

Senin, 05 Des 2016 23:01 WIB

Tak Ada Lumbung Padi, Petani Rejang Lebong Pilih Hutang Beras

Petani padi saat di penggilingan untuk menunggu beras yang akan mereka ambil, di desa Rimbo Recap (Foto: Muhamad Antoni/KBR)


KBR, Rejang Lebong- Tidak tersedianya lumbung penyimpanan hasil petani padi di Rejang Lebong, membuat para petani memilih untuk berhutang beras kepada pemilik penggilingan padi di daerah tersebut. Seperti yang diungkapkan Afandi, salah satu pemilik penggilingan padi di daerah penghasil padi desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan.

Dia mengatakan para petani padi di daerah memilih berhutang ke pihak penggilingan.

"Saat ini di wilayah kita sedang memasuki masa tanam padi, jadi sekarang tidak ada yang sedang panen. Petani daerah kita memilih berhutang beras dahulu ke pihak kami untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nanti bayarnya kalau mereka panen dengan sistem pemotongan hasil padi yang mereka dapat dengan jumlah hutang mereka," ujarnya kepada KBR (05/12/2016).

Dia menambahkan, hal seperti  ini terus dilakukan setiap tahun ketika masa panen telah habis. Petani padi saat memasuki masa panen lebih memilih menjual seluruh padi mereka karena di daerah tersebut tidak memiliki lumbung padi.
 
"Biasanya kalau musim panen tiba penggilingan mencapai 2 ton perhari. Saat ini karena masuk musim tanam, sangat sepi sekali penggilingan padi. Di tambah lagi dengan cuaca yang hujan terus seperti ini harga beras juga naik turun yang biasanya Rp 14.000, saat ini sudah mencapai Rp 16.000 per cupak atau setara dengan 1,5 Kg beras," tutupnya.

Editor: Dimas Rizky 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8