BERITA

Ribuan Rumah Terendam Akibat Banjir di Kabupaten Merangin

Ribuan Rumah Terendam Akibat Banjir di Kabupaten Merangin
Ilustrasi rumah terendam. Foto: Muhammad Ridlo/KBR

KBR, Jakarta- Sebanyak 1.479 rumah masih terendam akibat banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tabir Ilir, Margo Tabir, dan Tabir Timur. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BPBD setempat telah melakukan upaya evakuasi dan pendataan terkait banjir di 3 kecamatan tersebut.

"Korban Jiwa, satu orang meninggal dunia karena hanyut atas nama Adam (35) pada Jumat (2/12/2016). Korban sudah ditemukan dan dimakamkan.

Kerugian materil sebanyak 1.479 unit rumah terendam banjir," ujar Sutopo dalam keterangan rilis, Minggu (4/12).

Sutopo Purwo Nugroho menambahkan BPBD setempat membutuhkan perahu karet, logistik dan air bersih untuk penanganan banjir di Kabupaten Merangin.

"Kondisi Mutakhir, tinggi muka air ± 50-150 cm," imbuhnya.

Banjir disebabkan hujan deras disertai meluapnya sungai Batanghari. Menurut Kepala BPBD Provinsi Jambi, Arief Munandar, banjir juga mengakibatkan ratusan hektar tanaman pangan rusak dan merusak fasilitas umum seperti jalan dan jembatan. (smt)

  • banjir
  • Kabupaten Merangin
  • rumah terendam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!