BERITA

Ombak Hingga 4 Meter, 10 ribu Nelayan Aceh Utara Menganggur

""Kondisinya sama sekali tidak bisa dilalui oleh boat-boat kecil.""

Ombak Hingga 4 Meter, 10 ribu Nelayan Aceh Utara Menganggur
Kapal nelayan yang bersandar. Puluhan ribu nelayan tak melaut karena gelombang tingggi (Foto: Erwin Jalaludin/KBR)


KBR, Lhokseumawe- 10 ribu warga nelayan di Kabupaten Aceh Utara, tak melaut akibat ketinggian ombak mencapai 4 meter. Mereka, terpaksa menganggur menyusul gangguan cuaca ektrim.

Panglima Laut Aceh Utara, Ismail Muhammad Syah mengatakan, seluruh aktivitas masyarakat nelayan di daerah itu lumpuh total. Kata dia, pihaknya belum dapat memprediksi kapan gangguan cuaca buruk tersebut mereda dikarenakan masih tingginya badai angin kencang yang melanda kawasan pantai Selat Malaka.  


"Nelayan Kita memang gak bisa melaut, karena cuacanya ekstrim dimulai angin dan berombak-ombak. Ketinggian ombak 4 meter, kondisinya sama sekali tidak bisa dilalui oleh boat-boat kecil. Bahkan, boat pukat langga (besar-red)  gak bisa jalan. Artinya, kalau sudah begini aktivitas nelayan lumpuh total," kata Ismail kepada KBR, Kamis (1/12).


Ismail mengimbau seluruh masyarakat nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi tersebut.

Editor: Dimas Rizky 

  • nelayan tak melaut
  • Ombak besar
  • gangguan cuaca

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!