Natal 2016, Polda DIY: Kalau Gereja Kurang Aman, Sila Lapor Polisi

Dari 352 gereja, sebanyak 311 gereja masuk kategori aman. Sedangkan sebanyak 41 gereja masuk kategori rawan tingkat 1.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 14 Des 2016 16:18 WIB

Author

Eka Juniari

Natal 2016, Polda DIY: Kalau Gereja Kurang Aman, Sila Lapor Polisi

Kapolda DIY Ahmad Dofiri. (Foto: Eka Juniari/KBR)


KBR, Yogyakarta - Kepolisian Daerah DI Yogyakarta menyiagakan 1,627 personil untuk mengamankan obyek-obyek vital terutama gereja pada perayaan Natal 2016.

Kapolda DIY Ahmad Dofiri mengatakan polisi siap mengamankan 352 gereja di Yogyakarta dan memberi jaminan kelancaran bagi umat Kristiani saat merayakan Natal 2016.

Dari 352 gereja, sebanyak 311 gereja masuk kategori aman. Sedangkan sebanyak 41 gereja masuk kategori rawan tingkat 1. Ahmad Dofiri mengatakan di Yogyakarta tidak ada gereja yang masuk kriteria rawan tingkat 2.

"Alhamdulilah di Yogyakarta tidak ada gereja rawan 2. Adanya yang derajat rawan 1, yakni yang pernah didemo atau perizinannya belum beres," kata Ahmad Dofiri, Rabu (14/12/2016).

Baca juga:


Ahmad Dofiri mengatakan pengamanan obyek vital termasuk gereja pada perayaan Natal kali ini meliputi sterilisasi dan penempatan personil kepolisian. Petugas yang diterjunkan termasuk Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dan Brimob.

"Petugas mencukupi untuk pengamanan. Masyarakat yang merasa gerejanya kurang aman silakan lapor ke polisi terdekat. Setiap saat polisi dipanggil akan datang untuk sterilisasi dan menjamin keamanan beribadah," lanjutnya.

Selain fokus pada pengamanan gereja, polisi juga akan memantau sejumlah lokasi potensial rawan pelanggaran keamanan seperti pusat perbelanjaan dan bank.

Baca: LBH Yogyakarta: Yogyakarta Darurat Intoleransi   

Polda DIY telah memetakan sejumlah ancaman dalam perayaan Natal dan malam Tahun Baru. Sejumlah ancaman yang berpotensi muncul adalah sabotase, terorisme hingga perkelahian atau tawuran antarkelompok masyarakat.

Kapolda DIY Ahmad Dofiri memastikan polisi akan bekerja penuh menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Natal dan Tahun Baru 2017.

"Kita akan all out. Dua pertiga personil kami kerahkan terutama pada saat siaga 1 demi kelancaran ibadah Natal," imbuhnya.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Pekan Diplomasi Iklim

Pekan Diplomasi Iklim

Kabar Baru Jam 18