Libur Natal-Tahun Baru, Bandara Samratulangi Dipadati Pelancong dari Jakarta, Surabaya, Ba

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado mencatat arus liburan Natal-Tahun Baru di Bandara Samratulangi mengalami peningkatan 30 persen dari tahun sebelumnya.

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 24 Des 2016 17:47 WIB

Libur Natal-Tahun Baru, Bandara Samratulangi Dipadati Pelancong dari Jakarta, Surabaya, Ba

Sejumlah penumpang tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/12). Pascalibur panjang akhir pekan terpantau terjadi peningkatan jumlah penumpang. Foto: ANTAR

KBR, Manado - Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado mencatat arus liburan Natal-Tahun Baru di Bandara Samratulangi mengalami peningkatan 30 persen dari tahun sebelumnya.

Inspektur Angkutan Udara dari Lantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Andri Parabak, mengatakan jumlah penumpang hingga saat ini sudah mencapai 5000 orang.

"Yang tertinggi pada saat H-5 untuk kedatangan pesawat 54 ℅, namun untuk kedatangan penumpang masih di bawah H-2 yang sampai 5000 penumpang dibandingkan tahun lalu 4000 penumpang dan rata-rata per hari ada peningkatan 30 ℅," kata Inspektur Angkutan Udara dari Lantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Andri Parabak, pada KBR, Sabtu (24/12/2016).

Andri Parabak menambahkan, rata-rata perhari ada 3000 penumpang yang datang ke Manado atau 40 pesawat perhari. Kata dia, paling banyak mulai H-7 sampai H-2 kemarin yaitu pada H-2 mencapai 9.877 penumpang.

Lanjutnya, dari H-7 sampai H-2 kemarin arus mudik penumpang melalui jalur udara yang datang ke Manado sudah mencapai 65.000 penumpang dan jika dibandingkan dengan tahun yang lalu mulai H-7 sampai H-12 hanya 100.000 penumpang. Dia juga mengatakan, paling banyak yang datang ke Manado yaitu dari Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan Balikpapan.

Reni salah satu penumpang yang datang liburan ke Manado mengatakan, dirinya sudah dua kali liburan Natal dan Tahun Baru di Manado dan sangat merasa senang berkunjung ke Manado.

"Saya dari Balikpapan dan kami sekeluarga cuma datang liburan Natal dan Tahun Baru di Manado, apalagi di sini banyak tempat wisatanya seperti Bukit Kasih tempat wisata religi di mana di situ sudah dibangun lima bangunan tempat ibadah yang ada di Indonesia," ujar Reni.

Kata dia, fasilitas di Bandara Internasional Samratulangi Manado masih kurang yaitu tempat pengambilan barang yang hanya dua lokasi sehingga perlu menunggu ber jam-jam untuk mengambil bagasi.

Baca juga:
Australia Keluarkan 'Travel Warning', Polri Jamin Keamanan WNA
Libur Natal-Tahun Baru, Lalin di Cirebon-Indramayu Ramai






Editor: Quinawaty 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Survei Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pandemi Jadi Endemi