Ketok Palu! UKM di Ternate Dapat Kucuran Rp 50 Juta

Saat ini tengah dibuatkan rancangan peraturan daerah untuk payung hukumnya.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 19 Des 2016 19:16 WIB

Author

Idhar A. Rahman

Ketok Palu! UKM di Ternate Dapat Kucuran Rp 50 Juta

Ilustrasi: industri kreatif UMKM di Bondowoso (Foto: Friska/KBR)


KBR, Ternate- Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate sepakat pada 2017, bakal menyalurkan bantuan dana bergulir kepada kelompok usaha mikro dan kecil (UKM) untuk mengembangkan usahannya.

Ketua Pansus II DPRD Kota Ternate Jainal Hi Hasan, kepada KBR di Gedung DPRD Kota Ternate Senin (19/12) menjelaskan saat ini tengah digodok rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pengelolaan dana bergulir sebagai payung hukumnya.

"Pengelolaanya harus dibawa dinas keuangan, tapi dibolehkan untuk diberikan kepada dinas terkait untuk mengelola, fokus pansus adalah usaha kecil. Misalnya kalau penempatan pada usaha-usaha menengah saya kira tidak pas karena ini soal pelayanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Jainal menyebut pemberian dana bergulir kepada masyarakat ekonomi kecil tidak menggunakan sistem agunan atau jaminan. Sebab, dana yang diberikan hanya kurang dari Rp 50 juta. Dia tegaskan yang perlu dilakukan kemudian adalah soal pemberdayaan sehingga dana itu bisa dikembalikan untuk membantu kelompok usaha kecil lainnya.

Editor: Dimas Rizky 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10