BERITA

Jelang Mudik Natal Jalur Pantura Cirebon Rusak

""Memang banyak yang rusak. Kita sudah kirimkan surat untuk perbaikannya,""

Jelang Mudik Natal Jalur Pantura Cirebon Rusak
Lubang akibat hujan di jalur pantura Cirebon. (Foto: KBR/Frans M.)

KBR, Cirebon- Hujan yang terus mengguyur Cirebon, Jawa Barat dalam beberapa minggu ini, berdampak pada kerusakan jalur pantura. Kerusakan jalan membentuk lubang berdiameter 30-60 cm dengan kedalaman 5-10 cm yang tersebar di sejumlah jalur pantura.

Kondisi tersebut, dirasa cukup mengganggu perjalanan dan keselamatan pengguna jalan.

“Jalannya banyak yang rusak, jadi harus hati-hati,” ujar Riyan, salah satu pengendara sepeda motor, Kamis (15/12/2016).

Dari Terminal Cirebon menuju Desa Pangenan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon misalnya, cukup banyak kerusakan jalan yang ditemukan. Dalam perjalanan berjarak sekitar 15 Km tersebut, kerusakan jalan bisa didapati dengan jarak 20 meter. Kerusakan parah juga terlihat disetiap jembatan yang ada.

Sementara itu, di jalan Pegambiran Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, terlihat petugas dari Bina Marga sedang memperbaiki jalan, dengan melakukan penambalan pada jalan yang mengalami kerusakan.

Petugas yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menuturkan, bahwa ada dua tim yang ditugaskan untuk memperbaiki jalur pantura.

"Ada yang di Indramayu dan ada yang di Cirebon, kita sendiri dari Pusat, karena ini jalan Nasional," ujarnya.

Ia menuturkan, kerusakan yang terjadi di Cirebon cukup banyak. Rata-rata memiliki kedalaman 5 sampai 10 cm. Kerusakaan ini, diduga karena tingginya intensitas hujan yang terjadi pada minggu-minggu ini.

"Kita tidak ada target, tapi seluruh kerusakan jalan harus diperbaiki," ujarnya.

Kerusakan   yang terjadi di sejumlah jalur utama Pantura Cirebon, dibenarkan oleh Kasatlantas Kepolisian Cirebon,   Galih Raditya. Ia mengaku sudah mengetahui hal tersebut dan sudah mengirimkan surat kepada pihak terkait, untuk segera melakukan perbaikan.

"Ya benar, memang banyak yang rusak. Kita sudah kirimkan surat untuk perbaikannya," katanya.

Dalam surat tersebut, kata Galih, pihaknya meminta agar perbaikan jalan harus sudah selesai sebelum dilaksanakannya operasi lilin. Galih juga akan melakukan pengecekan secara langsung, satu minggu sebelum libur natal.

"Nanti kita akan cek langsung kelapangan, satu minggu sebelum natal," imbuhnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat yang melintasi jalur pantura, untuk lebih waspada ketika sedang berkendara. Kondisi curah hujan yang cukup tinggi di Cirebon juga, membuat banyak lubang yang tertutup oleh air dan cukup membahayakan para pengendara.

"Untuk pengendara diminta berhati-hati dan wasapada, ketika melintasi jalur pantura Cirebon," tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • mudik natal 2016
  • Kasatlantas Kepolisian Cirebon
  • Galih Raditya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!