13 Gereja di Bandung Diprioritaskan Penjagaan

Sebanyak 13 gereja di Kota Bandung diprioritaskan penjagaan oleh kepolisian setempat pada ibadah misa Natal dan Hari Raya Natal.

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 24 Des 2016 19:51 WIB

Author

Ari Nugraha

13 Gereja di Bandung Diprioritaskan Penjagaan

Personel Gegana dan K9 Polda Metro Jaya melakukan penyisiran ketika sterilisasi Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (24/12). Foto: ANTARA


KBR, Bandung - Sebanyak 13 gereja di Kota Bandung diprioritaskan penjagaan oleh kepolisian setempat pada ibadah misa Natal dan Hari Raya Natal. Di Bandung sendiri, total ada 156 gereja.

Gereja yang mendapatkan prioritas itu adalah gereja yang memiliki minimal jumlah jemaat 1000 atau lebih saat mengikuti ibadah.

Menurut Kepala Polisi Kota Bandung, Hendro Pandowo, setiap gereja itu dijaga mininal oleh tiga sampai lima orang dibantu oleh satuan pengamanan internal gereja.

"Sehingga total anggota kita yang mengamankan di gereja kurang lebih dari 156 itu 526, tentunya cara bertindaknya yang pertama di setiap gereja melakukan sterilisasi sesuai dengan kegiatan ibadah gereja itu, paling tidak H - C2 (dua hari sebelumnya) itu sudah steril, baik dengan perlengkapan yang kita miliki maupun secara manual," ujar Hendro Pandowo di Bandung, Sabtu (24/12/2016).

Baca juga: Polres Pati Kerahkan Anjing Pelacak Jaga Misa Natal

Kepala Polisi Kota Bandung, Hendro Pandowo menambahkan, penyisiran setiap gereja ini dilakukan untuk menghindari adanya benda - benda yang dapat mengganggu kegiatan peribadahan seperti bahan peledak. Sementara, untuk alat pendeteksi logam sendiri hanya akan dipasang di Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka, Bandung.

Hendro menyebutkan selain melakukan penyisiran di setiap gereja itu, anggotanya yang berjaga juga dilengkapi oleh senjata laras panjang dan pendek serta rompi anti peluru, termasuk untuk sebagian polisi satuan lalu lintas.

Kepolisian menyatakan di Kota Bandung tidak diperbolehkan dilakukan sweeping oleh ormas saat dilaksanakannya perayaan ibadah misa Natal dan pada Hari Raya Natal 2016.

"Aman tidak ada sweeping karena sudah dikoordinasikan dengan seluruh ormas, kalau pun ada pelanggaran harus dilaporkan dahulu ke kepolisian," kata dia.

Baca juga: Ibadah Misa Natal, Polda Metro Terjunkan 6 Ribu Personel



Editor: Quinawaty 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18