Kena Erupsi Bromo, Bandara Jember Ditutup

Penutupan Bandara Notohadinegoro dilakukan sejak pagi tadi pukul 07.30 WIB. Belum diketahui sampai kapan penutupan ini akan dilakukan.

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 31 Des 2015 13:46 WIB

Author

Friska Kalia

Kena Erupsi Bromo, Bandara Jember Ditutup

Bagian depan Bandara Notohadinegoro di Jember, Jawa Timur. (Foto: bappeda.jatimprov.go.id)

KBR, Jember – Bandar udara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditutup akibat terkena dampak erupsi Gunung Bromo.

Kepala Bandara Notohadinegoro, Edi Purwanto mengatakan penutupan dilakukan karena abu Gunung Bromo mulai mengarah ke Kabupaten Jember.

"(Bandara) Kami tutup karena abu Gunung Bromo mengarah ke Kabupaten Jember. Ditutup sejak (Kamis) pagi tadi hingga besok. Kalau besok masih sama (terpapar abu), penutupan akan diperpanjang,” kata Edi saat dihubungi KBR, Kamis (31/12).

Penutupan Bandara Notohadinegoro dilakukan sejak pagi tadi pukul 07.30 WIB.  Belum diketahui sampai kapan penutupan ini akan dilakukan.

Akibat penutupan ini, ada dua penerbangan rute Jember–Surabaya dan Jember–Sumenep yang dibatalkan. Puluhan penumpang terlantar di bandara. Beberapa bahkan memilih menggunakan jalur transportasi lain dan membatalkan tiket pesawat.

Aktivitas vulkanik Gunung Bromo meningkat sejak awal bulan ini. Beberapa pekan terakhir abu vulkanik mengguyur sejumlah kawasan di Jawa Timur, terutama Probolinggo. Sebelumnya, erupsi juga sempat menyebabkan bandara Abdul Rachman Saleh di Malang ditutup.

Bandara Notohadinegoro berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Jember. Bandara yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Jember ini memiliki landas pacu sepanjang 1.560 meter. Bandara yang dibangun pada 2003 ini merupakan bandara umum sipil pertama di Indonesia yang dibangun sendiri oleh pemerintah daerah menggunakan APBD.

Jarak Jember-Surabaya yang membutuhkan waktu 4-7 jam menggunakan angkutan darat bisa dipersingkat menjadi 30 menit melalui bandara ini.

Sejumlah maskapai yang memiliki rute penerbangan dari Jember antara lain Garuda Indonesia (Jember-Surabaya PP), Susi Air (Jember-Sumenep), dan Wings Air (Jember-Denpasar, Jember-Balikpapan, Jember-Malang).
 
Editor: Agus Luqman  
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap