BERITA

Empat Bocah SD di Jombang Tewas Tenggelam di Lubang Bekas Galian

"Mereka tenggelam saat acara outbond sekolah"

Empat Bocah SD di Jombang Tewas Tenggelam di Lubang Bekas Galian
Lokasi bekas galian C di Desa Plosogenuk Kecamatan Perak, yang menewaskan empat siswa SD Sukorejo I. (Foto: Muji Lestari/KBR)

KBR, Jombang- Empat bocah Sekolah Dasar Negeri SDN Sukorejo I Kecamatan Perakdi Jombang, Jawa Timur, tewas tenggelam di lubang bekas galian C. Mereka adalah, Devi, Anggi Harianti, Eva, Nana, yang merupakan siswi kelas empat sekolah tersebut.

Kejadian tersebut bermula saat pihak sekolah menggelar kegiatan outbond pengenalan pengihjauan di lokasi kejadian. Sebanyak 60-an siswa dari kelas empat hingga enam mengikuti kegiatan itu. Seluruh siswa diajak guru menuju lokasi bekas galian tanah uruk yang berlokasi di Desa Plosogenuk dengan berjalan kaki. Kegiatan itu dikawal oleh empat orang guru, tiga guru wanita dan satu pria.


Kepala Kepolisian Sektor Perak, Mujiono, mengatakan tanpa diduga, salah satu dari korban mencoba mencebur ke dalam kolam bekas galian yang saat itu penuh dengan air hujan. Kedalamanya mencapai lebih dari tiga meter. Ketiga teman mereka berusaha menolong, namun justru seluruhnya tenggelam dan tewas di lokasi kejadian.

"Bahwa sekitar jam 08.00 WIB anak kelas empat, lima ,enam SD itu mengadakan kegiatan outbond akhir semester dengan berjalan-jalan melalui pematang sawah dan lainnya. Kemudian karena mengetahui ada kubangan ada air beberapa anak ikut bermain di air tersebut. Kemudian empat anak ini mengikuti main di air tersebut ternyata tiba-tiba tenggelam keempat anak ini dan tidak bisa ditolong", kata Mujiono, Sabtu (12/12/15) siang.

Saat ini seluruh jenazah masih berada di RSUD Jombang untuk dilakukan autopsi. Pihak polisi pun memeriksa sejumlah guru dan saksi guna memastikan ada tidaknya unsur kelalaian dalam kasus ini.

Polisi juga telah memasang garis polisi di lokasi kejadian, yang jaraknya sekitar dua kilometer dari sekolah. Sementara, pihak Sekolah belum bisa dikonfirmasi terkait kejadian ini.

Editor: Dimas Rizky

  • pendidikan
  • SD
  • Sekolah
  • Tewas
  • jombang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!