BERITA

BPBD Kalbar Pastikan Logistik Aman Hadapi Banjir

BPBD Kalbar Pastikan Logistik Aman Hadapi Banjir

KBR, Pontianak- BPBD Kalimantan Barat memastikan persediaan logistik aman untuk menghadapi bencara banjir, puting beliung dan longsor yang diprediksi bakal menimpa provinsi tersebut. Kepala BPBD Kalimantan Barat, TTA Nyarong, mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, potensi banjir berpeluang terjadi hingga April 2016.

Pemerintah Kalimantan Barat telah menetapkan status siaga banjir, puting beliung dan longsor hingga 30 April tahun depan. Sementara, hingga kini pihaknya belum menerima laporan banjir bandang. Laporan yang ada baru sebatas banjir karena meluapnya air sungai. 

“Banjir dari Desember hingga April, oleh karena itu diminta kepada seluruh bupati/walikota se Kalbar yang daerahnya berpotensi banjir segera menetapkan status siaga darurat bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor. Setelah banjir pada bulan Februari mulai lagi musim kering atau musim kemarau dan itu juga perlu diantisipasi,” ujar TTA Nyarong kepada KBR di Pontianak, Selasa (29/12/2015)

TTA Nyarong mengimbau para 14 kepala daerah dengan wilayah berpotensi bencana mulai mengoperasikan posko penanganan Batingsor. Pemda juga diminta mengimbau masyarakatnya untuk waspada.  

Editor: Malika

  • BPBD Kalimantan Barat
  • bmkg pontianak
  • buffer stock
  • potensi banjir
  • siaga banjir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!