NUSANTARA

Waspadai Angin Puting Beliung, Lihat Tanda-Tanda Ini

Waspadai Angin Puting Beliung, Lihat Tanda-Tanda Ini

KBR, Mataram - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerukan warga setempat agar mewaspadai kemungkinan munculnya bencana angin puting beliung. Bencana diperkirakan lebih banyak terjadi di wilayah lembah dan perbukitan.

Kepala BPBD NTB, Wedha Magma Ardi menyebutkan, beberapa wilayah permukiman penduduk yang rawan dilanda angin puting beliung seperti wilayah Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat dan kawasan Sembalun, Lombok Timur.

Ia meminta warga untuk berhati-hati terhadap tanda-tanda akan terjadinya angin puting beliung seperti rendahnya awan mendung dan kondisi antara turun dan tidak turunnya hujan.

“Kalau puting beliung itu misalnya musim panca roba ini antara hujan dan tidak jadi hujan. Biasanya seperti itu karena biasanya awan mendung itu rendah nah kalau sudah rendah itu biasanya menimbulkan angin puting beliung,” kata Wedha Magma Ardi di Mataram, Rabu (3/12.)

Wedha juga meminta agar warga lebih berhati-hati terhadap pohon-pohon di pinggir jalan yang dinilai rentan tumbang.

Sebelumnya, pada Minggu (30/11) siang, hampir 400 rumah di dua kelurahan di Kota Bima yaitu Rabangodu Utara dan Rabangodu Selatan rusak diterjang angin puting beliung. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, hanya dilaporkan satu orang korban mengalami luka-luka.

Editor: Anto Sidharta

  • Waspadai Angin Puting Beliung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!