NUSANTARA

Sambut Libur Akhir Tahun, PR KAI Cirebon Siapkan Armada Tambahan

"Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi III Cirebon menyiapkan Operasi Angkutan KA terpadu. Masa angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 ditetapkan selama 17 hari, dimulai p"

Suara Gratia

Sambut Libur Akhir Tahun, PR KAI Cirebon Siapkan Armada Tambahan
Sambut Libur Akhir Tahun, PR KAI Cirebon

KBR, Cirebon – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi III Cirebon menyiapkan Operasi Angkutan KA terpadu. Masa angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 ditetapkan selama 17 hari, dimulai pada 20 Desember 2014 hingga 5 Januari 2015 mendatang.

Vice Presiden PT KAI Daop III Cirebon, Apriyanto mengatakan, pihaknya menyiapkan kereta tambahan untuk masa libur itu.

“Kami juga menyiapkan kereta api tambahan yaitu dua KA Cirebon Ekspress relasi Cirebon-Gambir, dua KA Cirebon Ekspress relasi Cirebon-Pasar Senen, dan dua KA Kelas Eksekutif Argo Jati relasi Cirebon-Gambir,” ujar Apriyanto saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (5/12).

Apriyanto mengatakan, tiket KA pada masa Natal dan tahun Baru hingga kini masih tersedia. Ketersediaan tempat duduk, kata dia, bisa dilihat di www.kereta-api.co.id.

Ia menerangkan, jika penumpang melakukan pembatalan tiket akan dikenakan bea administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket di luar bea pesan. Pembatalan tiket dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA.

“Pembatalan tiket dapat dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan KA. Pemesanan tiket dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan,” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang PT Kai Daop III Cirebon menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Puncak angkutan Natal dan Tahun Baru 2015 diperkirakan terjadi pada Minggu 28 Desember 2014. Jumlah penumpang KA pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2015 diprediksi meningkat menjadi 106.408 penumpang dari tahun sebelumnya sejumlah 96.737 penumpang di tahun 2013. (Frans C. Mokalu)

Editor: Anto Sidharta

  • Sambut Libur Akhir Tahun
  • PR KAI Cirebon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!