Ribuan Pengikut Aliran Kepercayaan Tersebar di Jateng

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mendata hingga Agustus 2014 aliran kepercayaan masyarakat di Jawa Tengah yang aktif tersebar di 278 lokasi. Mereka berorganisasi dan memiliki pengikut puluhan hingga ribuan orang.

NUSANTARA

Selasa, 09 Des 2014 17:51 WIB

Author

Nurul Iman

Ribuan Pengikut Aliran Kepercayaan Tersebar di Jateng

aliran kepercayaan, jawa tengah

KBR, Semarang - Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mendata hingga Agustus 2014 aliran kepercayaan masyarakat di Jawa Tengah yang aktif tersebar di 278 lokasi. Mereka berorganisasi dan memiliki pengikut puluhan hingga ribuan orang. 


Ratusan aliran kepercayaan masyarakat itu tersebar di berbagai wilayah. Di wilayah hukum Kejati Jateng, berdasar data teranyar, semuanya ada. Kecuali Ambarawa, Karanganyar dan Wonogiri.


Menurut Seksi Penerangan Hukum Kejati Jateng, Eko Suwarni, para pengikut aliran kepercayaan ini berada dalam pengawasan kejaksaan. 


"Kalau sudah mengarah penodaan agama, pelanggaran hukum dan memecah belah persatuan bangsa, tentu akan diambil tindakan hukum. Sejauh ini ratusan aliran kepercayaan itu belum mengarah ke situ (pelanggaran)," kata dia di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Semarang, Selasa (9/12).


Berikut aliran-aliran kepercayaan di Jawa Tengah yang memiliki ribuan pengikut:


1. Paguyuban Ngesti Tunggal di Solo dipimpin oleh Adiwijoyo dengan jumlah pengikut sebanyak 7.979 orang. Di Semarang, aliran ini dipimpin oleh Popy Gunarsih dengan pengikut berjumlah 7000 orang.


2. Perguruan Ilmu Sejati di Kajen Kabupaten Pekalongan.Dipimpin oleh Sumito dengan pengikut berjumlah 5.028 orang se-Karisidenan Pekalongan.


3. Sapta DarmaDi Kabupaten Pati dipimpin oleh Soerip Sastro Widjoyo dan Ketua Organisasi: Purwoco. Aliran ini mengikuti pengikut mencapai 5 ribu orang.


Di Kabupaten Klaten, ajaran Sapta Darma dipimpin oleh Sugeng Siswanto dengan jumlah pengikut 2.611 orang.


Di Kabupaten Purworejo, ajaran Sapta Darma dipimpin oleh Mudjiono Siswodihardjo dengan jumlah pengikut 1.027 orang.


4. Kepribaden di Kabupaten Klaten.Dipimpin oleh Projosugito dengan jumlah pengikut 2.182 orang.


5. Paguyuban Kerukunan Sedulur Sikep di Kabupaten Blora. Dipimpin oleh Pramugi dan jumlah pengikut 2.117 orang.


6. Paguyuban Kwaroh Kodrating Pangeran di Kabupaten Klaten. Dipimpin oleh Retno Sukamti dengan jumlah pengikut 1.441 orang.


7. Pangestu di Kabupaten Klaten. Dipimpin oleh Suhar Purnomo dengan jumlah pengikut 1.265 orang.


8.  Himpunan Penghayat Kepercayaan di Kabupaten Wonosobo. Dipimpin oleh Sartono dengan jumlah pengikut 1.043 orang.


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Antipunah Episode Ekonomi Lestari Lewat Wirausaha Sosial

Pengenaan PPN Pada Sembako, Tepatkah?

Kabar Baru Jam 8

Pengetatan Pelaku Perjalanan Internasional Cukup Kuat?