Petani Rembang Keluhkan Kualitas Benih Padi

Sejumlah petani di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memprotes bantuan benih padi bersubsidi karena kualitasnya buruk.

NUSANTARA

Jumat, 19 Des 2014 17:21 WIB

Author

Musyafa

Petani Rembang Keluhkan Kualitas Benih Padi

petani, rembang, padi

KBR, Rembang – Sejumlah petani di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memprotes bantuan benih padi bersubsidi karena kualitasnya buruk.

 

Jamari, seorang petani di desa Kaliombo Kec. Sulang, mengatakan setelah benih ditebar, sama sekali tidak tumbuh. Ia berharap pemerintah selektif dalam menyalurkan bantuan supaya tidak merugikan masyarakat.

 

“Terpaksa pakai bibit yang lama, sisa panen dulu. Kelompok tani sudah menyampaikan kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP), tindak lanjutnya belum tahu. Harapan petani, kalau ada bantuan, kualitas harus diperbaiki, “ keluhnya kepada KBR, Jumat (19/12).

 

Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, Sukaryo mengungkapkan pihaknya langsung menghubungi penyalur benih PT Sang Hyang Sri. Ia meminta benih bermasalah harus diganti baru.

 

“Ini dari PT Sang Hyang Sri saya minta untuk mengganti benih baru. Kalau tidak diganti akan saya laporkan ke pusat. Karena sudah merugikan petani, mengakibatkan masa tanam terlambat, “ jelasnya.

 

Sukaryo menambahkan benih bersubsidi tersebut dijual lebih murah. Paket 5 Kg seharga Rp 11 ribu, sedangkan di pasaran Rp 45 ribu.

 

Dari total 150 ton bantuan benih, sejumlah kecamatan sudah memastikan untuk mengembalikan benih.


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11