NUSANTARA

Pengolahan Ikan Rembang Buang Limbah ke Laut

"Tim gabungan Pemkab Rembang, Jawa Tengah, menemukan pelanggaran pembuangan limbah ke laut oleh sejumlah pabrik pengolahan ikan berskala ekspor di Kecamatan Kaliori."

Musyafa

Pengolahan Ikan Rembang Buang Limbah ke Laut
limbah, rembang

KBR,Rembang - Tim gabungan Pemkab Rembang, Jawa Tengah, menemukan pelanggaran pembuangan limbah ke laut oleh sejumlah pabrik pengolahan ikan berskala ekspor di Kecamatan Kaliori.


Kepala Bidang Pentaatan Hukum Badan Lingkungan Hidup Rembang, Prastowo menjelaskan instalasi pengolahan air limbah (Ipal) sudah ada, namun tidak digunakan secara optimal. Akibatnya air limbah pabrik yang menggelontor ke laut belum steril.

 

“Ada Ipal pun belum dioptimalkan. Kemarin pak bupati sudah keluarkan instruksi bupati, terkait Ipal ini, “ jelasnya kepada KBR, hari Selasa (23/12).

 

Ali, salah satu perwakilan pabrik berjanji  akan terus melakukan pembenahan Ipal. “Memang kita harus banyak perbaiki. Kalau ada kekurangan kekurangan, ya akan ditata. Memang buang ke laut, tapi diproses dulu, “ ungkap Ali.

 

Sementara itu, Sidak akan digiatkan, setelah pencemaran laut di pesisir Rembang semakin mengkhawatirkan. Bupati bahkan telah mengeluarkan instruksi khusus mengenai masalah tersebut, karena limbah sudah mengganggu produksi garam dan budidaya udang maupun bandeng.  


Editor: Antonius Eko 

  • limbah
  • rembang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!