NUSANTARA

Pemkot Bogor Bakal Naikkan HET Elpiji 3 Kg

"Pemkot Bogor akan segera menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kilogram. Hal itu dilakukan karena saat ini HET elpiji 3 kilo di agen dan pasaran di Kota Bogor tidak tentu. Bahkan sudah tembus Rp 20 ribu."

Pemkot Bogor Bakal Naikkan HET Elpiji 3 Kg
elpiji, harga, bogor

KBR, Bogor - Pemkot Bogor akan segera menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kilogram. Hal itu dilakukan karena saat ini HET elpiji 3 kilo di agen dan pasaran di Kota Bogor tidak tentu. Bahkan sudah tembus Rp 20 ribu.


Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Mangahit Sinaga mengatakan, pihaknya bersama Hiswana Migas akan duduk bersama untuk menetapkan HET di tiap pangkalan.


"Harganya sekarang masih mengambang pasca kenaikan harga BBM kemarin, makanya kami bersama Hiswana Migas akan berembuk untuk menaikan HET elpiji 3 kilo," katanya saat berbincang dengan KBR, Selasa (16/12)


Dia mengatakan, saat ini harga eceran tertinggi gas elpiji 3 kilogram di tingkat agen yang ditentukan oleh pemkot Bogor yakni Rp 14 ribu per tabung.Tetapi harganya semakin melambung dan tidak menentu setelah kenaikan harga BBM.


"Agar bisa dikendalikan kami berencana menaikan harga eceran tertinggi gas 3 kilo di tingkat agen dari Rp 14 ribu menjadi 16 ribu, dalam waktu dekat ini," jelasnya.


Penentuan besaran harga kenaikan tersebut, berdasarkan beberapa faktor salah satu penyebabnya yakni besarnya biaya transportasi, 


"Kami sudah hitung dan mempertimbangkan harga angkut yang dilakukan mereka, makanya kami berencana menaikan harganya besaran Rp 2 ribu," ujar Mangahit.


Mangahit mengatakan, permintaan masyarakat Kota Bogor untuk dalam satu bulan sebanyak 750 ribu tabung, dan memiliki cadangan tabung kosong ditambah 30 persen dari jumlah permintaan, 


"Namun dalam kurun tiga bulan terakhir permintaan akan gas elpiji di Kota Bogor terus mengalami peningkatan, terutama menjelang Natal dan tahun baru. Makanya kita akan meminta tambahan stok elpiji sebanyak 10 persen dari stok dan permintaan saat ini," katanya.


Menurutnya, di Kota Bogor terdapat 12 agen dan 400 pangkalan gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan semua gas di masyarakat kota Bogor. 


Editor: Antonius Eko 

  • elpiji
  • harga
  • bogor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!