NUSANTARA

Nelayan Jawa Barat Dapat Asuransi

"Polisi Air dan Udara Kepolisian Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan sejumlah perusahaan melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR), memberikan proteksi asuransi bagi 2 ribu nelayan di Jawa Barat. Asuransi ini mencakup perlindungan kesehatan dan"

frans Mokalu

Nelayan Jawa Barat Dapat Asuransi
nelayan, jawa barat

KBR,Cirebon – Polisi Air dan Udara Kepolisian Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan sejumlah perusahaan melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR), memberikan proteksi asuransi bagi 2 ribu nelayan di Jawa Barat. Asuransi ini mencakup perlindungan kesehatan dan kematian.


Wakapolda Jabar M Taufik menyatakan, dua ribu orang nelayan akan diproteksi keselamatan dan kesehatan kerjanya dengan asuransi. Namun asuransi ini tidak termasuk anak dan istri para nelayan.Menurut Taufik, nelayan sangat membutuhkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. 


“Kami sudah menggali informasi di tengah masyarakat pesisir dan nelayan, apa yang sangat mereka butuhkan berkaitan dengan jaminan keselamatan dan keamanan para nelayan,” tuturnya.


Sementara, Direktur Polair Polda Jabar Anang Syarif Hidayatullah menerangkan, nelayan di Cirebon terbagi atas dua wilayah yaitu kota dan kabupaten.Di Kota Cirebon terdapat 4 ribu nelayan, sementara di Kabupaten terdapat 8 ribu nelayan. Secara bertahap pihaknya akan memproteksi seluruh nelayan di Jawa Barat dengan asuransi yang telah dimulai sejak tahun 2014.


Anang menjelaskan, besaran klaim asuransi untuk nelayan yang meninggal dunia sebesar Rp 10 juta, luka berat permanen sebesar Rp 10 juta, kecelakaan luka ringan sebesar Rp 1 juta. Setiap nelayan diwajibkan membayar premi sebesar Rp 150 ribu per tahun.


“Nelayan yang ingin mendapatkan asuransi harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya adalah, nelayan yang kooperatif dan tidak melanggar peraturan,” ungkapnya. 


Anang melanjutkan, untuk menentukan siapa saja nelayan yang berhak mendapatkan asuransi, pihaknya akan berkoordinasi dengan kelompok nelayan setempat.


Editor; Antonius Eko 


  • nelayan
  • jawa barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!