NUSANTARA

Khofifah Bertekad Jadikan Kaum Difabel sebagai Enterpreneur

"Pemerintah melalui Kementerian Sosial berencana menjadikan kalangan penyandang difabel sebagai wirausahawan (entrepreneur). Ini dilakukan agar mereka bisa mandiri dan tak bergantung pada orang lain."

Eko Widianto

Khofifah Bertekad Jadikan Kaum Difabel sebagai Enterpreneur
Khofifah, Difabel

KBR, Malang – Pemerintah melalui Kementerian Sosial berencana menjadikan kalangan penyandang difabel sebagai wirausahawan (entrepreneur). Ini dilakukan agar mereka bisa mandiri dan tak bergantung pada orang lain.

Menurut Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, berbagai pelatihan akan disiapkan di panti sosial yang tersebar di nusantara.

"Saya ingin panti sosial ini menjadi bagian melahirkan para enterprenuer sehingga yang kita menciptakan social entrepenerurship. Mereka disiapkan menjadi bagian dari warga yang mandiri dan produktif. " kata Khofifah seusai kuliah umum di Universitas Brawijaya Malang, Kamis (4/12).

Selain itu, kata dia, kaum difabel juga diberikan kesempatan untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka ditempatkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

“300 difabel (berpeluang) semua, 200 (orang) di kementerian sosial dan 100 di lembaga lain. Kaum difabel diberikan kesempatan yang sama dalam hal pendidikan dan fasilitas umum, sosial,” ujarnya.

Sementara, Universitas Brawijaya Malang sendiri tahun ini memberikan kesempatan bagi 20 mahasiswa difabel untuk berkuliah di kampus itu. Mereka tersebar di  jurusan bahasa dan sastra, hubungan internasional, teknologi informasi dan ilmu administrasi. Mahasiswa difabel pun memiliki prestasi akademik yang baik dibanding mahasiswa lain.

Editor: Anto Sidharta

  • Khofifah
  • Difabel

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!