Hindari Lumpur Lapindo, Rel Kereta Baru akan Dibangun

Kementerian Perhubungan akan membangun jalur kereta api baru guna mengantisipasi rel kereta api di Porong Sidoarjo, Jawa Timur, ketika terendam lumpur Lapindo. Rel kereta api itu terletak di sebelah barat tanggul lumpur Lapindo.

NUSANTARA

Senin, 29 Des 2014 13:50 WIB

Author

Hermawan

Hindari Lumpur Lapindo, Rel Kereta Baru akan Dibangun

Hindari Lumpur Lapindo, Rel Kereta

KBR, Banyuwangi - Kementerian Perhubungan akan membangun jalur kereta api baru guna mengantisipasi rel kereta api di Porong Sidoarjo, Jawa Timur, ketika terendam lumpur Lapindo. Rel kereta api itu terletak di sebelah barat tanggul lumpur Lapindo.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwi Atmoko mengatakan, panjang rute baru itu sekitar 18 kilometer. Kata dia, jalur yang akan dibangun itu dimulai dari Stasiun Kabupaten Sidoarjo menuju arah barat Stasiun Tulangan. Kemudian diteruskan ke Gunung Gangsir hingga Stasiun Bangil.

Rute baru tersebut menghindari rel Porong. Pembangunan Jalur baru ini direncanakan akan beroperasi pada 2017 mendatang.

“Kita ada program untuk jalur shortcut lewat Tulangan kemudian sampai ke Gunung Gangsir ini sedang dalam proses pembebasan lahan. Kira- kira 18 kilo, kalau yang Lapindo sekarang itu sudah kita angkat mungkin satu meter lebih hampir dua meter itu,” kata Hermanto.

Hermanto menambahkan, selama ini, ketika rel Porong terendam oleh air, PT KAI hanya berusaha mengangkat lebih tinggi rel di sepanjang Porong. Hal itu, kata dia, tidak bisa dilakukan selamanya karena kondisi tanggul semakin kritis menyusul terus jebolnya sejumlah tanggul akibat luapan lumpur Lapindo. Terlebih lagi peninggian rel itu hanya ditambahi batu-batuan saja.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan