NUSANTARA

Gunung Gamalama Meletus, Jadwal Bandara Babullah Ditutup Hingga Besok

"Abu vulkanik akibat letusan Gunung Gamalama mengganggu jadwal penerbangan Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara."

Yudi Rachman

Gunung Gamalama Meletus, Jadwal Bandara Babullah Ditutup Hingga Besok
Gunung Gamalama Meletus, Jadwal Bandara Babullah

KBR, Jakarta – Abu vulkanik akibat letusan Gunung Gamalama mengganggu jadwal penerbangan Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara.

Kementerian Perhubungan menyatakan bandara ditutup sampai dengan Minggu (21/12) pagi. Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan JA Barata, penutupan bandara dilakukan karena resiko bahaya abu vulkanis terhadap keamanan penerbangan.

Kata dia, ada 26 jadwal penerbangan yang dibatalkan atau dialihkan ke Bandara Manado.

"Kita menunggu sampai besok, kita mencatat perkembangan terus. Kaya kemarin, kemarin dinyatakan ditutup sampai jam 7 tadi pagi, setelah kita memantau perkembangannya bandara itu harus ditutup sampai dengan besok," jelas juru bicara Kementerian Perhubungan JA Barata saat dihubungi KBR, Sabtu (20/12).

JA Barata menambahkan, selama penutupan otoritas bandara terus mengevaluasi dan berkoordinasi dengan maskapai dan Kementerian Perhubungan.

Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara pada Kamis (18/12) meletus dan melontarkan abu vulkanis ke kota Ternate. Gunung juga kembali meletus Sabtu (20/12) sore tadi yang mengakibatkan abu vulkanis menutupi seluruh kota Ternate dan bandara yang berjarak kurang lebih lima kilometer.

Editor: Anto Sidharta

  • Gunung Gamalama Meletus
  • Jadwal Bandara Babullah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!