NUSANTARA

Genjot Efisiensi Pelayanan, Pemkot Mataram Terapkan Layanan Berbasis TI

Genjot Efisiensi Pelayanan, Pemkot Mataram Terapkan Layanan Berbasis TI

KBR, Mataram – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai menerapkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Kelak warga Mataram bisa mengakses pelayanan publik melalui smartphone atau telepon pintar.

Upaya ini dilakukan Pemkot Mataram yang bersama Pemprov NTB dan Kabupaten Sumbawa menjadi proyek percontohan (pilot project) peta jalan (road map) reformasi birokrasi

Menurut Sekda Kota Mataram Lalu Makmur Said mengatakan, salah satu upaya reformasi birokrasi yang dilakukan melalui pembentukan badan pelayanan perizinan terpadu.

“Ini yang merupakan gabungan dari seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah, red.) pelayanan kita gabungkan sekarang. Ini kita harapkan sekarang ada pelayanan yang terbuka kemudian murah, tepat, efektif dan efisien. Yang kedua kita perbaiki IT,” kata Lalu Makmur kepada Portalkbr, Kamis (11/12).

Ia berharap dengan sistem itu bisa memberikan pelayanan publik yang semakin cepat dan efisien.

Dalam dokumen road map reformasi birokrasi itu, Pemkot Mataram pada tahun 2014 hingga 2018 akan memfokuskan pada penyusunan dokumen, pengembangan serta implementasinya. Program ini yang melibatkan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaran pemerintah daerah ini membutuhkan anggaran Rp126 miliar lebih.

Editor: Anto Sidharta

  • Efisiensi Pelayanan
  • Pemkot Mataram

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!