NUSANTARA

Dana Hibah untuk LSM di Rembang Tak Tepat Sasaran

"KBR, Rembang - Sebagian organisasi tersebut diduga fiktif, semisal alamat dan jenis kegiatan yang tidak jelas."

Dana Hibah untuk LSM di Rembang Tak Tepat Sasaran
dana hibah, lsm, rembang, portalkbr

KBR, RembangRencana penyaluran dana hibah kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan Ormas di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah tidak tepat sasaran. Penyebabnya, sebagian organisasi tersebut diduga fiktif, semisal alamat dan jenis kegiatan yang tidak jelas. Slamet, seorang warga di Lasem menuturkan dalam dokumen APBD 2015 tercantum LSM Gerakan Pemuda Nusantara berada di sekitar tempat tinggalnya.

Padahal selama ini ia tidak pernah mendengar. Slamet menduga “Di sini tidak pernah ada gerakan LSM. Mungkin saja fiktif, kan sekarang gelontoran bantuan pemerintah sangat banyak. Kemungkinan untuk kepentingan pribadi," jelasnya, hari Sabtu (06/12).

Kepala Kantor Kesbangpollinmas Kab. Rembang, Kartono menyatakan syarat utama LSM yang berhak mendapatkan dana bantuan, minimal terdaftar selama 3 tahun. Nilai besaran dananya, menyesuaikan kondisi keuangan. Tahun 2015, setiap LSM dan Ormas akan menerima Rp 15 juta. Total dana yang disediakan hampir Rp 800 juta.

“Syarat untuk mendapatkan dana bantuan pemerintah, minimal sudah terdaftar di Kesbangpollinmas selama 3 tahun. Kalau belum, ya tidak bisa," ungkapnya. Menanggapi dugaan sebagian LSM calon penerima dana hibah tidak tepat sasaran, Kartono berjanji segera mengecek. Jika benar, tentu nantinya akan dikaji lagi.

Editor: Irvan Imamsyah

  • dana hibah
  • lsm
  • rembang
  • portalkbr

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!