Buruh Jabar Dobrak Pagar Kantor Gubernur

Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Barat berunjuk rasa menolak ditetapkannya besaran upah minimum kota (UMK) oleh Gubernur Ahmad Heryawan (Aher), Rabu (10/12).

NUSANTARA

Rabu, 10 Des 2014 16:26 WIB

Author

Ari Nugraha

Buruh Jabar Dobrak Pagar Kantor Gubernur

buruh, umk, jawa barat

KBR, Bandung - Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Barat berunjuk rasa menolak ditetapkannya besaran upah minimum kota (UMK) oleh Gubernur Ahmad Heryawan (Aher), Rabu (10/12). 


Mereka mendobrak pagar kantor gubernur Jawa Barat di Jalan Diponogoro, Bandung. Para buruh kesal karena Aher tidak menemui para buruh untuk membahas langsung pengkoreksian penetapan besaran UMK.


Menurut salah satu perwakilan buruh, Herman, penetapan besaran UMK tidak meliputi kenaikan harga BBM.


"Mengubah nilai upah minimum kabupaten dan kota di Jawa Barat tahun 2015 disesuaikan dengan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)," ujarnya saat berorasi. 


Salah satu perwakilan buruh, Herman mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan harus menolak penangguhan upah untuk buruh yang masa kerjanya di atas setahun. Herman menyebutkan agar tuntutan buruh bisa langsung sampai ke pemerintah setempat maka Aher harus segera menghadap kepada para buruh yang berunjuk rasa.


Aliansi Buruh Jawa Barat mengancam akan menginap di kantor gubernur jika Aher tidak kunjung menemui mereka. 


Sejumlah pasukan pengamanan pengendalian massa dari Kepolisian Kota Bandung dan Brigade Mobil berjaga dalam aksi unjuk rasa buruh tersebut. Satu unit kendaraan meriam air dan satu unit mobil komando juga dikerahkan. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10