NUSANTARA

BPBD Jateng Belum Fokus Relokasi Warga Banjarnegara

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum berencana merelokasi warga Banjarnegara yang berada di daerah rawan longsor."

Ninik Yuniarti

BPBD Jateng Belum Fokus Relokasi Warga Banjarnegara
longsor, banjarnegara

KBR, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum berencana merelokasi warga Banjarnegara yang berada di daerah rawan longsor. 


Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana beralasan relokasi membutuhkan banyak persiapan. Kata dia, saat ini pihaknya masih fokus melakukan evakuasi korban longsor.


"Tentu berdasarkan rekomendasi badan vulkanologi harus direlokasi, permasalahannya merelokasi orang tidak gampang, tidak hanya sekedar memindah orang. bagaimana kehidupan mereka, tanah yang disiapkan, dsb, sehingga perlu proses, waktu,” kata Sarwa. 


Sarwa Permana menambahkan di Banjarnegara berpotensi mengalami longsor susulan. Ini karena kondisi tanah yang tidak stabil. Kata dia, selain Banjarnegara, daerah lain di Jawa Tengah yang berpotensi longsor antara lain Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Cilacap, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Karanganyar.


Editor: Antonius Eko 

  • longsor
  • banjarnegara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!