NUSANTARA

WALHI Jatim Pertanyakan Penghargaan Langit Biru untuk Surabaya

"KBR68H, Jakarta "

Erric Permana

WALHI Jatim Pertanyakan Penghargaan Langit Biru untuk Surabaya
walhi jatim, langit biru, surabaya

KBR68H, Jakarta –LSM  Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur mempertanyakan penobatan Kota Surabaya sebagai peraih penghargaan Langit Biru Kementerian Lingkungan Hidup 2013.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Onny Mahardika mengatakan ini mengingat  masalah kemacaten lalu lintas dan pencemaran udara di wilayah Utara Surabaya masih jadi  masalah yang belum terselesaikan.

Menurut Onny, semakin banyaknya kendaraan bermotor dan kawasan industri di kota besar tersebut menyebabkan kondisi udara di pinggiran kota  tidak bersih.

“Harus dilihat kembali di wilayah-wilayah industri di utara begitu, seperti pergudangan dan industri itu masih banyak yang berdebu. Kantor kami itu dilewati jalan-Jalan industri dan jalan raya, itu juga masih berdebu. Makanya indikatornya harus dilihat dulu. Biasanya kan indikator hanya melihat di tengah kota,” ujar Onny saat berbincang di Program Sarapan Pagi KBR68H.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Walhi  Jatim, Onny Mahardika mengakui Ruang Terbuka Hijau di Kota Surabaya lebih baik dibandingkan kota lain di Indonesia.

Sebelumnya, Kota Surabaya  mendapatkan predikat kota metropolitan dengan kualitas udara terbaik dari program Langit Biru Kementerian Lingkungan Hidup 2013. Kepala Bidang Tranportasi Darat Muhammad Zakaria mengatakan, ada perubahan yang signifikan yang dilakukan Surabaya untuk perbaikan kualitas udara.

Baca: Surabaya, Kota dengan Kualitas Udara Terbaik Se-Indonesia

Editor: Suryawijayanti 

  • walhi jatim
  • langit biru
  • surabaya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!