Tanggul Jebol, Rumah dan Sekolah di Kulonprogo Terendam

Hujan yang turun seharian di Yogyakarta mengakibatkan dua tanggul penahan aliran sungai di Kulonprogo jebol. Akibatnya ratusan rumah dan beberapa sekolah terendam banjir.

NUSANTARA

Jumat, 20 Des 2013 20:30 WIB

Author

Febriana Sinta

Tanggul Jebol, Rumah dan Sekolah di Kulonprogo Terendam

Tanggul Jebol, Rumah dan Sekolah, Kulonprogo

KBR68H, Yogyakarta - Hujan yang turun seharian di Yogyakarta mengakibatkan dua tanggul penahan aliran sungai di Kulonprogo jebol. Akibatnya ratusan rumah dan beberapa sekolah terendam banjir.

Kepala Seksi Antisipasi dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kulon Progo, Heppy Eko Nugroho mengatakan, dua tanggul yang terdapat di Kecamatan Lendah dan Samigaluh jebol karena tanggul yang dibangun tahun 80-an itu tidak lagi kuat menahan debit air. Kondisi ini diperparah dengan tidak pernah diperbaikinya tanggul yang rusak.

"Karena proyeknya itu sudah dari tahun 80, sehingga sekarang itu sudah mulai mlotrok-mlotrok (turun, red.) , dan belum pernah ada sentuhan sifatnya hanya lokal-lokal saja. Dalam arti warga RT sana mbenake (memperbaiki) karena ada banjir, RT sana juga mbenake tanggulnya, tetapi tidak seberapa dan tidak berarti," kata Heppy Eko Nugroho di Yogyakarta, Jumat (20/12).

Selain ratusan rumah, Heppy Eko Nugroho juga mencatat dua sekolah dasar yang tergenang air, yakni SD Bonosoro, SD Wahyuharjo dan SMK Kelautan Temon. Menurut dia, ketinggian air di kawasan itu mencapai satu meter. Banjir ini juga merendam 150 hektar sawah siap panen dan baru tanam.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18