NUSANTARA

Tahun Depan, Yogya Siaga Bencana

"Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan Yogyakarta siaga bencana awal tahun depan. Sebab hingga bulan Februari 2014 mendatang seluruh wilayah di DIY berpotensi terkena bencana alam karena diguyur hujan lebat."

Tahun Depan, Yogya Siaga Bencana
Yogya, Siaga Bencana, Sri Sultan Hamengku Buwono X

KBR68H, Yogyakarta - Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan Yogyakarta siaga bencana awal tahun depan. Sebab hingga bulan Februari 2014 mendatang seluruh wilayah di DIY berpotensi terkena bencana alam karena diguyur hujan lebat.

Kepala Badan Penanggulan Bencana (BPBD) DIY Gatot Septiadi mengatakan sekitar lebih dari 50 desa di seluruh DIY berpotensi terkena banjir air,bbanjir lahar dingin tanah longsor dan ombak tinggi.

"Kalau titik potensi ada 50, artinya kami mempunyai akses di masyarakat ntuk mendapatkan informasi lebih.dan status itu sebagai bentuk regulasi saja, artinya jika Januari dipandang tidak berpotensi dihentikan bisa atau bisa juga sebaliknya diperpanjang juga bisa. Intinya itu adalah kesiapsiagaan bahwa kita harus hati-hati," jelas Gatot Septiadi di Yogyakarta, Rabu (18/12).

Kepala Badan Penanggulan Bencana (BPBD) DIY Gatot Septiadi mencatat saat ini banjir dan tanah longsor terjadi sedikitnya di empat tempat di tiga kabupaten yakni di Wonosari Gunungkidul, banjir di kota Yogjakarta, dan longsor di Samigaluh Kulonprogo. Akibat bencana alam tersebut, beberapa rumah ambruk, serta lebih dari dari seratus rumah terendam

Editor: Anto Sidharta

  • Yogya
  • Siaga Bencana
  • Sri Sultan Hamengku Buwono X

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!