Seratusan Bekas OPM di Papua Dilatih Jadi Satpol PP

Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua mendidik seratusan bekas anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) jadi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

NUSANTARA

Jumat, 20 Des 2013 18:51 WIB

Author

Radio Swara Nusa Bahagia

Seratusan Bekas OPM di Papua Dilatih Jadi Satpol PP

Bekas OPM, Papua, Satpol PP

KBR68H, Jayapura – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua mendidik seratusan bekas anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) jadi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Menurut Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo, mereka merupakan bagian dari kelompok OPM Goliath Tabuni dan Okiman yang beroperasi di wilayah Tingginambut, Puncak Jaya. 

“Sekarang persoalan hanya Goliath dan Okiman saja yang pengikutnya itu sekarang sudah masuk di kota. Enam bulan lalu kami ada rekrut mereka sekitar seratus yang sekarang ada di satpol PP ini,” aku Henock di Jayapura, (20/12).

Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo mengklaim bekas anggota OPM tersebut, turun gunung dan kembali ke pangkuan NKRI karena sudah bosan tinggal di hutan dengan masa depan yang tidak pasti.

Berdasarkan keterangan kepala kepolisian setempat, saat ini jumlah pengikut Goliath Tabuni hanya tinggal 15 orang saja. Seratusan bekas OPM ini, juga turut hadir dalam perayaan Natal yang diadakan pemerintah setempat beberapa waktu lalu.

Selain mempekerjakan mereka di pemerintahan, lanjutnya, bekas OPM ini juga akan dibangunkan rumah untuk tempat tinggal. Rencananya pemerintah akan membangun sebanyak 50 unit rumah yang akan dibangun di Distrik Tingginambut. (Andi Iriani)

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17