NUSANTARA

Serap Anggaran Tidak Maksimal, Gubernur Evaluasi SKPD Jateng

"Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal mengevaluasi kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak bekerja maksimal. Penyebabnya karena penyerapan anggaran di instansinya yang tidak maksimal."

Serap Anggaran Tidak Maksimal, Gubernur Evaluasi SKPD Jateng
anggaran, skpd, jateng, ganjar pranowo

KBR68H,Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal mengevaluasi kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak bekerja maksimal. Penyebabnya karena penyerapan anggaran di instansinya yang tidak maksimal. 


Kata Ganjar, penyerapan anggaran yang tidak sesuai target mengindikasikan kepala SKPD tidak memiliki perencanaan kerja yang baik.


"Kalau biasanya Maret ini Januari harapannya penyerapan anggaran itu tidak menggumpal di belakang tapi sudah terbagi sejak dari awal. Inilah cara saya mengatasi mana-mana yang kemarin itu tidak bisa berjalan dengan baik. Buat mereka yang bisa melaksanakan di depan itu adalah catatan prestasi untuk penilaian saya, kan saya belum mengganti-mengganti SKPD, mereka masih kabinet lama. Mudah-mudahan cara ini menjadi bagian yang positif," jelas Ganjar dalam Program Sarapan Pagi  KBR68H.


Sebelumnya, Ditjen Perimbangan Kementerian Keuangan mencatat sebanyak 13 pemerintah daerah mempunyai realisasi belanja di bawah target. Daerah yang paling rendah adalah Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. 


Kementerian Keuangan juga menyebutkan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD 2013 di seluruh provinsi dan kabupaten/ kota mencapai Rp 144,8 triliun. NIlai ini lebih tinggi dari Silpa tahun lalu yang bernilai Rp 107,5 triliun. 


Editor: Antonius Eko 

  • anggaran
  • skpd
  • jateng
  • ganjar pranowo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!