Bagikan:

Penyandang Disabilitas Blokir Jalan di Kota Bandung

KBR68H, Bandung - Puluhan penyandang disabilitas dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat memblokir sejumlah ruas jalan di Kota Bandung.

NUSANTARA

Selasa, 03 Des 2013 15:41 WIB

Author

Arie Nugraha

Penyandang Disabilitas Blokir Jalan di Kota Bandung

disabel, blokir jalan, bandung

KBR68H, Bandung - Puluhan penyandang disabilitas dari Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat memblokir sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Mereka protes pemerintah setempat atas minimnya aksesibilitas yang ramah untuk kelompok penyandang disabilitas. Aksi itu sekaligus untuk memperingati hari disabilitas internasional.

Menurut juru bicara ITMI Jawa Barat, Yudi Yusraf, meski Kota Bandung menjadi daerah pertama di Indonesia yang memiliki Perda Penyandang Cacat, tetapi fasilitas aksesibilitas tidak mumpuni berakibat jatuhnya korban.

"Itu kalau kita hitung, ada ya sejak rusaknya trotoar ini, lebih dari 20 orang ada yang terluka, yang terjatuh di lubang itu. Kemudian ada yang tertabrak karena mobil parkir terlalu mepet begitu. Ada itu," ujarnya saat memblokir jalan Pajajaran, Bandung (3/12).

Selain protes atas fasilitas umum yang tak ramah terhadap kelompok penyandang disabilitas, ITMI Jawa Barat juga menyoroti diskriminasi di bidang kesehatan. Kata juru bicara ITMI Jawa Barat Yudi Yusraf, penyandang disabilitas sering terlambat penanganannya oleh birokrasi rumah sakit.

ITMI Jawa Barat menyatakan peringatan hari disabilitas internasional saat ini oleh pemerintah dianggap sekedar seremonial. Berdasarkan catatan Badan Kesehatan Dunia, WHO, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia sebanyak 3,3 juta jiwa.

Editor: Doddy Rosadi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kemarau Tiba, Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan