Kupang Minim Tenaga Medis di Puskesmas

Warga Desa Bikui dan Afoan di Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan tidak adanya tenaga medis di Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa mereka.

NUSANTARA

Kamis, 12 Des 2013 14:16 WIB

Author

Silver Sega

Kupang Minim Tenaga Medis di Puskesmas

Kupang, Tenaga Medis, Puskesmas

KBR68H, Kupang - Warga Desa Bikui dan Afoan di Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan tidak adanya  tenaga  medis di Puskesmas Pembantu (Pustu)  di desa mereka.

Camat Amfoang Utara Andereas Eliaser Naisunis mengakui, sudah beberapa bulan ini Pustu di Desa Bikui dan Afoan tidak memiliki tenaga medis. Dia mengatakan, sudah meminta ke dinas kesehatan Kabupaten Kupang, namun Dinas itu juga kekurangan tenaga medis.

"Saya sudah bersurat, sekaligus sudah pernah konsultasi ke sana untuk minta tolong, tetapi mereka alasan belum ada tenaga yang dikontrak baru begitu. Jadi kita juga tidak bisa paksakan diri. Sehingga diminta kita untuk kalau bisa koordinasi dengan Puskesmas untuk segera ada pelayanan mungkin soal rolling petugas yang ada di kecamatan khususnya puskesmas induk," kata Andereas Eliaser Naisunis di Kupang.

Camat Amfoang Utara, Andereas Eliaser Naisunis menambahkan, Pustu di Desa Bikuin tidak meiliki tenaga medis sejak Agustus. Sementara Pustu di Desa Afoan, ketiadaan tenaga medis sejak Oktober lalu.

Andereas mengatakan, selama ini belum ada Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat wabah penyakit, seperti diare. Menurut dia, penyakit yang biasa dialami warga saat ini adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), batuk dan pilek yang masih bisa diatasi.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10