NUSANTARA

Di NTB, 124 Penderita Sakit Jiwa Masih Dipasung

Di NTB, 124 Penderita Sakit Jiwa Masih Dipasung

KBR68H, Mataram - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi NTB terus menelusuri penderita sakit jiwa di wilayah tersebut untuk mensukseskan program NTB bebas pasung 2018. Sejauh ini RSJ NTB sudah mendata 124 penderita gangguan jiwa yang masih terpasung di tempat tinggalnya. Direktur RSJ Provinsi NTB Elly Rosila Wijaya memperkirakan, jumlah penderita sakit jiwa yang masih terpasung mencapai 300an orang.

”Estimasinya ya, kita tidak punya data pasti. Estimasinya kita masih punya 320 orang yang masih dipasung. Akan tetapi kita sudah bergerak untuk menelusur ya sejak tahun 2011. Nah dari tahun 2011 sampai sekarang itu kurang lebih 124 orang yang lebih sudah kita tahu by name by address,” Jelas Elly Rosila Wijaya.

Direktur RSJ Provinsi NTB Elly Rosila Wijaya menambahkan, banyak keluarga yang belum mau membuka pasung kerabatnya yang sakit jiwa lantaran dikhawatirkan akan membahayakan orang lain. Pihaknya mengoptimalkan peran tim khusus yang ada di RSJ serta melakukan pelatihan terhadap perawat dan dokter di puskesmas agar turut serta menangani pasien sakit jiwa.

  • Pasung
  • Sakit Jiwa
  • NTB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!