NUSANTARA

Dana Terbatas, Wali Kota Malang Tetap Gratiskan Sekolah dari SD hingga SMA

"KBR68H, Malang "

Dhina Chahyantiningsih

Dana Terbatas, Wali Kota Malang Tetap Gratiskan Sekolah dari SD hingga SMA
dana terbatas, sekolah gratis, malang

KBR68H, Malang – Minimnya anggaran tak mengendorkan tekad Wali Kota Malang, Jawa Timur untuk melaksanakan Program Sekolah Gratis untuk tingkat SMA/SMK. Meski anggaran Dinas Pendidikan untuk program ini sebesar 160 miliyar rupiah, tapi jumlah itu hanya cukup untuk menanggung sekolah gratis di tingkat SD dan SMP. Wali Kota Malang Mochammad Anton bersikeras akan melaksanakan program sekolah gratis dari tingkat SD hingga SMA di tahun depan. Menurut Anton, sekolah gratis untuk tingkat SMA/ SMK dapat dilaksanakan lewat subsidi silang antar wali murid.

“Kemarin itu sudah kita anggarkan tetap sesuai dengan harapan  kita bahwa orang yang miskin itu harus tetap gratis, selain kita berikan anggaran yang miskin, untuk SMA kita lakukan semacam subsidi silang nanti masyarakat yang mampu harus membantu yang miskin ,” terang Anton.

Hingga saat ini belum ada Peraturan Walikota terkait program tersebut. Padahal aturan itu dibutuhkan untuk mengatur jenis biaya pendidikan yang akan ditanggung wali murid. Tidak semua sekolah setuju dengan program tersebut, utamanya adalah sekolah swasta. Lebih dari 150 sekolah yang ada di Kota Malang, 48 sekolah menolak program sekolah gratis ini.

Editor: Doddy Rosadi

  • dana terbatas
  • sekolah gratis
  • malang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!