Bagikan:

AJI Jember: Masih Banyak Jurnalis yang Digaji Rp 300 ribu

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember Jawa Timur, mendesak perusahan media di wialayahnya memberikan upah layak terhadap jurnalis.

NUSANTARA

Minggu, 15 Des 2013 21:16 WIB

Author

Hermawan

AJI Jember: Masih Banyak Jurnalis yang Digaji Rp 300 ribu

AJI Jember, Jurnalis, Rp 300 ribu

KBR68H, Banyuwangi - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember Jawa Timur, mendesak perusahan media di wialayahnya memberikan upah layak terhadap jurnalis.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ika Ningtias mengatakan, hasil temuan AJI Jember untuk tahun 2013 ini menyebutkan, di wilayah Banyuwangi dan Jember masih ditemukan 80 persen perusahaan media yang mengupah karyawanya jauh di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Untuk itu AJI mendesak kedepannya perusahan media bisa memberikan upah layak terhadap wartawanya.

“Sebab kenyataanya saat ini banyak sekali jurnalis yang belum memiliki kesejahteraan yang layak. Misalnya gaji mereka itu masih di bawah upah layak jurnalis bahkan banyak juga jurnalis yang gajihnya di bawah Upah Minimum Kabupaten. Di Banyuwangi saja masih banyak jurnalis yang digaji Rp 300 ribu hingga Rp 900 ribu. Sementara UMK kita sudah mencapai Rp 1, 3 juta,” kata Ika Nigtias di Jember, Jawa Timur, Minggu (15/12).

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ika Ningtias menambahkan, selama ini kebanyakan perusahan media hanya membayar upah kepada pekerjanya sebesar Rp 300 ribu sampai Rp 900 ribu per bulan. Gaji itu tidak sebanding dengan Kebutuhan Hidup Layak.

Ia berharap wartawan bisa melaporkan soal upah tidak layak tersebut. Sebab, upah tersebut sangat menentukan terhadap profesionalisme dan kesejahteran bagi mereka dalam melaksanakan tugas,

Editor: Anto Sidharta

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending