Walikota Tarakan: Tolak Tambang Demi Kelestarian Lingkungan

KBR68H, Jakarta

NUSANTARA

Selasa, 11 Des 2012 18:44 WIB

Author

Doddy Rosadi

tolak tambang, IGRA 2012, tarakan

KBR68H, Jakarta – Pemkot Tarakan masih mempertahankan kebijakan menolak mengeluarkan izin bagi perusahaan tambang batubara. Walikota Tarakan Udin Hianggio mengatakan, kebijakan tersebut diambil untuk mencegah kota Tarakan dari kerusakan lingkungan akibat eksplorasi tambang. Udin juga tidak tergiur dengan uang yang bisa diterima Pemkot Tarakan apabila mengeluarkan izin kepada perusahaan tambang.

“Tarakan hanya sebuah pulau yang terbatas. Kalau tambang batubara ada di Tarakan maka Tarakan akan jadi kubangan. Ada beberapa rayuan tapi kami mengingat untuk anak cucu jadi siapa tahu suatu saat nanti, tambang bisa dikelola dengan teknologi tinggi dan tidak merusak lingkungan, saya rasa itu untuk anak cucu kita di masa depan,”kata Udin.

Walikota Tarakan Udin Hianggio menambahkan, kebijakan melarang eksplorasi tambang di Tarakan sudah diterapkan sejak 2008. Kata dia, kebijakan ini bisa berjalan karena mendapat dukungan dari DPRD Kota Tarakan.

Udin juga rela Kota Tarakan kehilangan potensi Pendapatan Asli Daerah dengan adanya larangan eksplorasi tambang. Namun, aturan ini dikeluarkan demi masa depan anak cucu di masa yang akan datang.

Kota Tarakan menjadi juara empat dalam ajang Indonesia Green Region Award 2012 yang diselenggarakan oleh KBR68H bersama Majalah SWA. Kota Surabaya tampil sebagai juara pertama untuk kategori Kota dan Karanganyar sebagai juara pertama untuk kategori Kabupaten.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak