NUSANTARA

Tiga Kota Metropolitan Miliki Kualitas Udara Bersih

Tiga Kota Metropolitan Miliki Kualitas Udara Bersih

Tangerang, Jakarta Selatan dan Medan ditetapkan sebagai kota metropolitan yang paling berhasil meningkatkan kualitas udara pada tahun ini.

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan, evaluasi kualitas udara perkotaan ini dilaksanakan dari Maret hingga Oktober 2012 di 45 kota dari 33 provinsi. Kota tersebut diharapkan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas udaranya.

“Seperti kita pahami bersama bahwa masalah lingkungan hidup ini adalah masalah yang berkaitan dengan hak asasi manusia. Bahwa di negara lain itu ada undang-undang yang mengatur hak asasi manusia di bidang lingkungan. Begitu pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia. Hak setiap warga negara untuk mendapatkan lingkungan yang layak,” kata Balthasar.

Selain kategori kota metropolitan, ada pula kategori kota besar yang diraih oleh Kota Batam, Denpasar dan Manado. Sementara kategori Ibu kota provinsi yang tak termasuk kategori metropolitan dan kota besar yang diraih Kota Serang, Manokwari dan Mataram.

Penilaian yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup lewat program Expose Langit Biru ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara, khususnya yang bersumber dari kendaraan bermotor.

  • jakarta
  • udara bersih

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!