NUSANTARA

Ratusan Kepala Desa di Rembang Akan Demo ke Jakarta

"KBR68H, Rembang "

Ratusan Kepala Desa di Rembang Akan Demo ke Jakarta
kepala desa, demo ke jakarta

KBR68H, Rembang – Ratusan kepada desa dan perwakilan perangkat dari kabupaten Rembang, memastikan akan berangkat demo ke Jakarta hari Kamis (13 Desember 2012). Hanya dengan satu misi, menuntut Dewan Perwakilan Rakyat segera mengesahkan Undang Undang Desa.

Kalau Undang Undang tersebut mulai aktif berjalan, diyakini kondisi desa akan semakin maju, karena menerima anggaran lebih besar. Kepala Desa Bonang Kec. Lasem, Syaeful Sodiqin menuturkan tahun 2012 desanya memperoleh kucuran alokasi dana desa sebesar Rp 51 juta. Angka sekecil itu, untuk operasional selama setahun dan mewujudkan pembangunan, tentu saja tidak leluasa.

Pemerintah desa harus berpikir keras, bagaimana supaya penggunaan anggaran efektif dan tepat sasaran. Kedepan begitu UU Desa disahkan, Syaeful berharap masyarakat menikmati manfaatnya. Daripada banyak uang berkutat di tingkat pusat, kemudian praktek korupsi tumbuh subur.

Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kab. Rembang yang tergabung dalam Guyup Rukun Petinggi Dampo Awang (Guru Pendawa), Wasiman menegaskan demo ke Jakarta, bukan membawa ambisi pribadi, melainkan demi kepentingan masyarakat. Kalau muncul tudingan, pemerintah desa mengelola anggaran besar, akan rawan tindak korupsi, hal itu menurutnya kemungkinan kecil bisa terjadi. Tingkat pengawasan di desa sangat ketat, karena bersentuhan langsung dengan warga.

Kepala Desa Kaliombo Kec. Sulang ini menambahkan berdasarkan koordinasi terakhir, rombongan Kades dan perwakilan perangkat akan menumpang 6 bus ke Jakarta, Kamis siang. Mereka bergabung menjadi satu dengan Kades lain se Indonesia pada Jumat pagi, menggelar orasi di gedung DPR RI Jakarta. Dalam Rancangan Undang Undang Desa, bukan hanya mencuat tuntutan kenaikan anggaran, tetapi juga perpanjangan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun. (Radio R2B)

Sumber:http://radior2b.com/2012/12/11/ditepis-desa-akan-marak-korupsi/

  • kepala desa
  • demo ke jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!