Nikah Siri Rugikan Perempuan dan Anak Keturunan

Walaupun dicap miring oleh sebagian besar masyarakat, nikah siri masih tetap menjadi pilihan bagi perempuan untuk mengakhiri masa kesendirinya. Hal ini menjadi perhatian besar Kementrian Agama Kota Pontianak.

NUSANTARA

Selasa, 18 Des 2012 18:14 WIB

Author

Radio Volare

Nikah Siri

KBR68H, Pontianak - Walaupun dicap miring oleh sebagian besar masyarakat, nikah siri masih tetap menjadi pilihan bagi perempuan untuk mengakhiri masa kesendirinya. Hal ini menjadi perhatian besar Kementrian Agama Kota Pontianak.

Kepala Kementrian Agama Kota Pontianak Andi Jafar mengatakan nikah siri sangat merugikan pihak perempuan dan keturunannya. Diakuinya jumlah nikah siri di Kota Pontianak cukup banyak namun pihaknya sullit untuk melakukan pendataan. Alasannyua, jika ketahuan bisa dituntut oleh pihaknya. 

Menurut Andi, ada beberapa wilayah dan etnis tertentu yang suka melakukan nikah siri. Ada berbagai alasan pula yang menjadikan masyarakat ingin nikah siri. Misalnya ingin mendapatkan berkah atau alasan materi dan jabatan.

Untuk mengurangi tinggi angka nikah siri di Kota Pontianak pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat . Andi menambahkan berdasarkan hukum Islam yang hidup di dalam suatu negara sebaiknya menataati peraturan yang ada agar sebuah pernikahan bisa sah baik di mata agama maupun undang-undang.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Bagaimana Kedaulatan Perempuan atas Tanah bila RUU Pertanahan Disahkan?

Kabar Baru Jam 13

Penolakan RUU Pertanahan di Hari Tani