Bagikan:

Mendagri: Bupati Garut Aceng HM Fikri Melanggar Etika

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan Bupati Garut, Jawa Barat Aceng HM Fikri melanggar etika pemerintahan daerah.

NUSANTARA

Senin, 03 Des 2012 19:31 WIB

bupati garut, mendagri

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan Bupati Garut, Jawa Barat Aceng HM Fikri melanggar etika pemerintahan daerah.

Gamawan Fauzi mengatakan, Bupati Aceng tidak memberikan contoh yang baik kepada warga. Bupati Garut itu dianggap melanggar Undang-Undang Pernikahan lantaran menikah siri dan tidak mencatatkan pernikahannya di Kantor Catatan Sipil.

"Di undang-undang perkawinan orang harus mencatatkan perkawinannya. Sekarang apa sumpah kepala daerah? Patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku. Dia bisa diberhentikan jika melanggar sumpah janji. Mekanisme pemberhentian ini harus melewati DPRD, harus 3/4 hadir,” kata Gamawan.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan, sudah mengirim tim ke Garut untuk melihat pelanggaran etika Bupati Aceng HM Fikri. Setelah ditemukan pelanggaran etika, secara resmi Kemendagri akan mengirim surat teguran. Surat Itu bisa dijadikan pertimbangan pemberhentian Aceng.

Sebelumnya Bupati Garut Aceng HM Fikri menuai kecaman karena dianggap melecehkan perempuan. Ia menceraikan istrinya hanya empat hari setelah menikah, lantaran istrinya tidak perawan.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih