covid-19

KPUD: Pilkada Berjalan Serentak, Warga Antusias

KPU Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mengklaim semua wilayah sudah siap melaksanakan pemilihan Bupati hari ini.

NUSANTARA

Rabu, 12 Des 2012 10:17 WIB

Author

Sutami

pilkada, bangkalan, jawa timur

KPU Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur  mengklaim semua wilayah sudah siap melaksanakan pemilihan Bupati hari ini.

Menurut anggota KPU Bangkalan Mohamad Mansyur, berdasarkan pantauan di lapangan, warga berbondong-bondong datang ke TPS meski hujan mengguyur. TPS dibuka serentak sejak pukul 07.00 pagi tadi.

Mansyur juga memastikan pembagian logistik sudah tuntas sejak kemarin. Proses pembagian logistik pilkada dua hari lalu sempat dihadang pendukung calon bupati yang dianulir KPU.

“Tidak ada yang terhambat. Hanya faktor koordinasi saja kok. Artinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pendistribusian logistik itu kita lakukan secara bersamaan,” kata Mohamad Mansyur.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiagakan ribuan personil gabungan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Bangkalan. Juru Bicara Polda Jawa Timur Hilman Thayyib mengatakan, mereka disiagakan untuk mengamankan pilkada dan mencegah konflik susulan beberapa hari lalu.

“Ini yang khususnya obyek-nya Bangkalan, sistem-nya ini yang kita bangun untuk peningkatan jumlah personil. Kemarin kan ada sampai 2000 lebih, dan hari ini kita gabungkan semua dengan TNI-Polri, ada 3033 personil. Kemarin juga mengamankan, karena situasinya dari pihak yang tidak terpilih ini melakukan tindakan-tindakan ketiakpuasannya ini kita upaya untuk mencegah, kita upaya untuk mengantisipasi,” kata Hilman.

Pekan lalu massa yang menduduki KPUD Bangkalan  mengamuk. Kerusuhan itu merupakan dampak diskualifikasi salah satu pasangan calon bupati oleh KPUD Bangkalan. Mereka menuntut KPUD untuk membatalkan diskualifikasi terhadap pasangan calon bupati Imam Buchori Cholil dan Zainal Alim. Akibat kerusuhan tersebut, polisi menangkap lima orang yang diduga sebagai pelaku perusakan.

Juru Bicara Kepolisian Indonesia, Boy Rafli Amar mengatakan, dari kerusuhan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa 48 bom molotov, 12 senjata tajam, serta jerigen berisi 25 liter bensin.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7