NUSANTARA

Jelang Natal, Harga Babi di Paniai Naik 2 Kali Lipat

"KBR68H, Paniai "

Jelang Natal, Harga Babi di Paniai Naik 2 Kali Lipat
harga, babi, natal

KBR68H, Paniai – Menjelang Perayaan Natal, harga jual babi di Paniai melambung hingga 200 persen per ekor. Naiknya harga babi di daerah ini sering terjadi tiap tahun disaat memasuki Desember atau bulan perayaan Natal. Salah seorang warga Paniai Otniel Yeimo mengatakan selain dijual per ekor, daging babi juga dijual perkilogram dengan harga mencapai Rp 500 ribu per kilogramnya.

“Itu kalau Natal, harga naik sampai dua tiga kali lipat empat kali lipat, dari standar harga 5 juta, 6 juta naik jadi 10 juta, 12 juta, kadang kadang naik sampai 15 juta 1 ekor babi, itu babi yang besar. Sedangkan yang kecil biasanya harganya 3 juta, naik sampai 6 juta, 7 juta. Jadi mulai tanggal 1 Desember itu harga sudah meloncat sampai harga sekian besar begini.”

Warga meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi agar menertibkan harga jual babi yang sering meroket menjelang perayaan Natal di daerah ini. Sementara itu, salah seorang peternak babi Andreas mengatakan kenaikan harga babi terjadi akibat minimnya stok.

  • harga
  • babi
  • natal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!