NUSANTARA

Jateng Segera Ujicoba Vaksin Baru Flu Burung

Budi Prabowo

Jateng Segera Ujicoba Vaksin Baru Flu Burung
Flu burung; H5N1, vaksin

KBR68H, Cilacap - Pemerintah Jawa Tengah akan menguji coba vaksin virus flu burung jenis baru pada Januari mendatang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Witono mengatakan, sambil menunggu datangnya vaksin baru pemerintah akan tetap menggunakan vaksin flu burung jenis lama.

Hal tersebut untuk memastikan keampuhan vaksin jenis lama dalam mencegah penyebaran virus.

"Ini kan virus jenis baru. Kalau yang dulu H5N1 clade 2.1 sekarang clade 2.3. Sehingga vaksin yang lama tidak bisa digunakan. Namun kami tetap akan melakukan uji laboratorium untuk mengetahui apakah vaksin yang lama masih bisa digunakan atau tidak," kata Witono.

Sambil menunggu vaksin baru digunakan, pemerintah Jawa Tengah meminta para peternak diharapkan agar tetap menjaga kebersihan kandang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Witono meminta agar peternak hewan yang menemukan unggas yang mati mendadak untuk segera dibakar. Itu cara efektif untuk mencegah penyebaran virus ke hewan lain.


  • Flu burung; H5N1
  • vaksin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!