NUSANTARA

Jalan Alternatif Terputus Karena Lahar Dingin Merapi

"KBR68H, Magelang - Banjir lahar dingin Merapi yang terjadi di Kali Putih, Srumbung Magelang Jawa Tengah yang cukup deras dan membawa material lahar dingin dan pasir telah memutuskan jalan alternatif di Srumbung pada 25 desember 2012."

Radio News Merapi

Jalan Alternatif Terputus Karena Lahar Dingin Merapi
lahar dingin, merapi

KBR68H, Magelang - Banjir lahar dingin Merapi  yang terjadi di  Kali Putih, Srumbung Magelang Jawa Tengah yang cukup deras dan membawa material lahar dingin  dan pasir telah memutuskan jalan alternatif  di  Srumbung pada 25 desember 2012.

Jalan alternatif tersebut  saat ini untuk sementara waktu  tidak dapat dilalui  oleh  kendaraan mengingat arus banjir meluap ke  dam sekaligus  sebagai jalan  alternatif utama bagi warga  Srumbung Magelang   menuju   kantor kecamatan dan kota Muntilan. Akibatnya   warga  setempat    harus memutar   hingga 5 km ketika  akan   menuju ke    kecamatan Srumbung dan Muntilan.

Sementara itu, badan  jalan laternatif  yang sekaligus digunakan sebagai dam penahan lahar dingin merapi di sekitar lapangan  dipenuhi dengan material batu dan pasir  serta  pohon yang tumbang akibat terbawa oleh arus deras   banjir  kali putih. Banjir lahar dingin merapi   tersebut   menjadi tontotan ratusan warga. Bahkan  ada warga yang tetap nekat   melihat  arus banjir dari bibir sungai  meski saat  itu sedang  terjadi    banjir lahar dingin cukup deras.

Banjir  lahar dingin merapi ini terjadi di  4 sungai   sekaligus   antara lain sungai Pabelan, sungai Putih dan sungai Krasak  yang berada di sisi barat daya gunung Merapi. Sementara itu, meski banjir lahar dingin Merapi tidak sampai meluap ke  jalan raya  namun cukup berbahaya dan  membuat  kemacetan arus lalu lintas  di jalan raya utama   Jumoyo Salam.

Banyak kendaraan yang berhenti  di atas jembatan kali putih  yang ingin menyaksikan derasnya arus banjir lahar dingin merapi.Untuk menjaga   hal hal yang tidak diinginkan, para relawan   pemantau banjir lahar dingin merapi  berjaga di bibir sungai  kali putih. Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan  kewaspadaan  terhadap ancaman banjir lahar dingin merapi yang mulai terjadi pada musim penghujan ini   yang dapat meluap ke pemukiman warga. (Radio News Merapi)

Sumber: http://newsmerapiindah.wordpress.com/berita/?blogsub=confirming#subscribe-blog

  • lahar dingin
  • merapi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!