Bagikan:

Hujan Abu, Penduduk Palue Mengungsi

Sekira 10.000 penduduk Pulau Palue di Nusa Tenggara Timur mengungsi akibat hujan debu vulkanik Gunung Rokatenda.

NUSANTARA

Jumat, 21 Des 2012 13:55 WIB

gunung rokatenda

Sekira 10.000 penduduk Pulau Palue di Nusa Tenggara Timur mengungsi akibat hujan debu vulkanik Gunung Rokatenda.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTT, Tini Thadeus mengatakan, mereka mengungsi ke Maumere di Kabupaten Sikka dan Ropa di Kabupaten Ende. Saat ini pengungsi mengeluhkan persediaan makanan yang menipis.

"Karena begini Mbak, ini kan satu pulau, gunungnya ada di bagian selatan dari pulau itu. Dan abu vulkanik dibuang ke udara. Manakala anginnya dari selatan ke utara, baru masyarakatnya kena. Kalau anginnya dari timur atau dari utara, maka masyarakat di pulau itu akan aman-aman saja,” kata Tini.

Saat ini Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka NTT berstatus siaga. Aktivitasnya terus meningkat dengan mengeluarkan debu panas dan api. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tanggal Maret 1985 dengan hembusan abu mencapai 2 km dan lontaran material hingga 300 meter di atas puncak.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?